1163696_48x48Anda adalah WordPress Lover yang sedang mencari theme untuk kebutuhan website WordPress, silahkan lihat koleksi theme premium yang kami jual dengan harga terjangkau.

Bisa digunakan pada unlimited domain, forum support, panduan lengkap dan yang terpenting adalah harganya ringan di kantong.

[Lihat Koleksi >>>

Tips Memilih Hosting Untuk Awam

hosting-jakartaUntuk mempublikasikan sebuah website tentunya dibutuhkan hosting, bagi Anda yang baru ingin membangun website sendiri bisa memulainya dengan mengikuti program e learning pembuatan website yang kami berikan. [Klik di sini untuk mulai belajar membuat website sendiri]

Berikut ini beberapa panduan dalam memilih hosting bagi pemula:

Harga

Teliti dengan seksama harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting, silahkan bandingkan fitur-fitur yang diberikan oleh paket-paket hosting. Umumnya penyedia web hosting memberikan paket-paket yang berbeda dengan fitur yang berbeda mengikuti dari harga yang ditawarkan.

Batasan Transfer Data

Pastikan anda memeriksa berapa banyak data yang dapat ditransfer dari website  kepada pengunjung nantinya, misal 5 Giga per bulan. Ini penting, pastikan batas transfer yang anda dapatkan cukup tinggi untuk menampung semua data yang anda publikasikan di website yang dilihat oleh setiap orang yang mengunjungi.

Quota transfer data atau yang lebih dikenal dengan band width atau BW ini bisa Anda upgrade jika kurang.

Kapasitas Ruang Penyimpanan

Kapasitas ini penting untuk dipertimbangkan, pastikan kapasitas ruang penyimpanan cukup untuk menampung file-file website anda, serta pertimbangkan juga untuk memilih kapasitas yang sesuai untuk kebutuhan space penyimpanan file website dan juga untuk email.

Perlu diketahui quota space dan juga quota BW ini digunakan untuk keseluruhan file website dan juga email.

Akses  Kecepatan

Sebelum membeli lihat dulu contoh website yang ada di dalam server tersebut, biaya penyelenggara hosting memberikan website atau IP untuk di tes kecepatannya.

Namun tentu saja kecepatan akses internet juga memegang peranan penting, meski sebuah server cepat diakses namun jika akses internet yang digunakan lambat maka akses website juga menjadi lambat. Jadi pastikan juga akses internet Anda cukup bagus sewaktu melakukan pengecekan.

Support

Penyelenggara hosting memberikan layanan support, mulai dari SMS, chat hingga ticket suppport. Untuk kendalam teknis biasanya diberikan sistem support berupa ticket.

Selain support sistem juga pilih penyelenggara hosting yang memberikan panduan berupa tutorial terutama dalam bentuk video, karena sangat membantu dalam menyelesaikan kendala atau memanfaatkan fitur-fitur hosting.

Hosting  Murah Fitur Wah

Bagi Anda yang sedang mencari layanan hosting dengan harga murah namun memiliki fitur wah untuk kebutuhan profesional, Anda bisa mengunjungi Dvipantara Hosting. Dimana Anda bisa mendapatkan paket-paket hosting dengan variasi harga, tersedia banyak paket mulai dari 3 Ribu.

[Lihat Harga Paket Hosting Murah]

Pengertian Hosting

Apa Itu Hosting ?

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan server-server untuk disewakan berupa quota spaca dan bandwidth sehingga memungkinkan perusahaan, organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS

Ada beberapa jenis layanan hosting yang dapat digunakan oleh webmaster, yaitu: shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server dan colocation server.

Pengertian Shared Hosting

Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Pada umumnya perusahaan hosting mengambil keuntungan dari layanan ini, dimana di dalam satu server bisa dihost ribuan domain. Tentu saja jumlahnya akan sangat tergantung pada quota dari server yang digunakan.

Namun biasanya provider hosting akan menerapkan sisitem over selling, dimana jumlah domain yang dihost melebihi kapasitas server. Tentu untuk kebutuhan ini diperlukan trik tersendiri agar server yang digunakan tidak mengalami overload.

Pengertian VPS

VPS atau Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

Kalau di dalam share hosting, pengguna tidak bisa melakukan penyetingan dan instalasi suatu os. Di dalam VPS mereka bisa melakukan hal tersebut, VPS biasanya digunakan oleh website yang sudah tidak bisa lagi berjalan pada share hosting. Semisal website yang memiliki pengunjung yang sudah ribuan dalam setiap menitnya.

Apa Itu Dedicated Server

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Perusahaan yang ingin mengelola sistem secara mandiri dapat menggunakan layanan ini, atau bagi yang ingin membuat perusahaan layanan hosting juga bisa memulainya dengan menggunakan Dedicated Server. Meski sebenarnya untuk memulai membuat perusahaan layanan hosting bisa menggunakan VPS sebagai langkah awal, selanjutnya jika klien sudah banyak dan keuntungan mulai terkumpul bisa dikembangkan lagi dengan menggunakan Dedicated Server.

Pengertian Colocation Server

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor, layanan ini juga biasanya digunakan oleh perusahaan yang menginginkan sistem yang mandiri. Dimana pengelolaan server dilakukan sendiri dengan staff teknisi yang mengerti tentang management server.

Perusahaan online besar serperti berita, perikalanan akan menggunakan layanan ini untuk menjamin keamanan dan kelancaran usaha mereka.

Kesimpulan

Bagi pemula dapat memulainya dengan menggunakan share hosting, meski memang harus diakui banyak pembatasan disana-sini. Namun menggunakan share hosting adalah pilihan terbaik dan termurah buat yang baru ingin merambah bisnis online.

Sementara ketika bisnis sudah berkembang, dan pengunjung website sudah membludak dan tidak bisa tercover oleh penggunaan share hosting. Baru kemudian bisa masuk ke dalam penggunaan VPS, untuk bisni sekala menengah yang tidak banyak main di aplikasi pemograman yang membutuhan resource tinggi. VPS sudah cukup dapat dihandalkan jadi tidak perlu upgrade ke dedicated server terkecuali bagi yang menginginkan pengelolaan sistem secara mandiri.